New Paradigm for Re-engineering
Education
Globalization, Localization and Individualization
by
YIN CHEONG CHENG
Asia-Pacific
Educational Research Association
The Hong Kong
Institute of Education, China
Tiga gelombang
reformasi pendidikan: internal, antarmuka, dan masa depan.
Gelombang I: tahun 1970:
Fokus utamanya
pada keefektifan internal dengan usaha membuat
perbaikan kinerja internal dari
institusi pendidikan secara umum dan metode dan proses pengajaran dan pembelajaran
secara khusus.
Gelombang II
1990:
Menekankan keefektifan
antarmuka secara tipikal didefinisikan
dengan istilah dalam
kualitas pendidikan, kepuasan
stake holder,dan persaingan pasar dengan lebih
banyak kebijaksanaan usaha
mengarah pada meyakinkan kualitas denan akuntabilitas pada internal dan ekternal stakeholder
Gelombang III
2000:
Munculnya gelombang
III dari pendidikan secara kuat
merepormasi yang menekankan keefektifan
masa depan, didefinisikan dengan istilah
pembelajaran dengan fungsi-fungsi baru
pendidikan di abad yang baru
sekaligus relevansinya dengan paradigma
baru pendidikan pendidikan yang berfokus
pada CMI (contextualized multiple intelligences) yang
hendak dituju dari visi baru dan misi
baru pada tingkatan yang berbeda dari
pendidikan, belajar sepanjang masa, jaringan kerja global, pandangan
internasional dan menggunakan teknologi infomasi akdalah beberapa dari
bukti kemunculan gelombang III.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar