Senin, 13 Agustus 2012

Paradigma Pendidikan


New Paradigm for Re-engineering
Education
Globalization, Localization and Individualization


by
YIN CHEONG CHENG
Asia-Pacific Educational Research Association
The Hong Kong Institute of Education, China

Tiga gelombang reformasi pendidikan: internal, antarmuka, dan masa depan.
 Gelombang I: tahun 1970:
Fokus utamanya pada keefektifan internal dengan usaha membuat  perbaikan  kinerja internal dari institusi pendidikan  secara umum dan  metode dan proses pengajaran dan pembelajaran secara khusus.

Gelombang II 1990:
Menekankan  keefektifan  antarmuka secara tipikal didefinisikan  dengan istilah dalam  kualitas  pendidikan, kepuasan stake holder,dan persaingan pasar dengan lebih  banyak kebijaksanaan  usaha mengarah pada meyakinkan kualitas denan akuntabilitas pada  internal dan ekternal stakeholder

Gelombang III 2000:
Munculnya gelombang III dari pendidikan  secara kuat merepormasi yang menekankan keefektifan  masa depan, didefinisikan dengan istilah  pembelajaran dengan fungsi-fungsi baru  pendidikan  di abad yang baru sekaligus  relevansinya dengan paradigma baru pendidikan  pendidikan yang berfokus pada  CMI (contextualized multiple intelligences) yang hendak dituju  dari visi baru dan misi baru pada tingkatan  yang  berbeda dari  pendidikan, belajar sepanjang masa, jaringan kerja global, pandangan internasional dan menggunakan teknologi infomasi akdalah beberapa dari bukti  kemunculan gelombang III.

Tidak ada komentar: